Wednesday, September 21, 2016

ENGLISH FOR SMK "RPP BAHASA INGGRIS KURIKULUM SMK" KD 3.1

RPP BAHASA INGGRIS KURIKULUM SMK



RPP Bahasa Inggris Kurikulum SMK Terbaru – ENGLISH FOR SMK ingin berbagi contoh RPP. Sobat Guru pastinya sudah mengetahui bahwa pembaharuan kurikulum 13 sudah dilakukan dari kurikulum 13 lalu di revisi menjadi kurikulum 13 revisi dan akhirnya sekarang menjadi kurikulum SMK. Perubahan yang begitu cepat tidak lain adalah sebagai penyempurnaan kurikulum kurikulum sebelumnya. Bagi Bapak Ibu guru yang telah mengikuti diklat kurikulum SMK pastinya sudah di bekali bagaimana menyusun RPP nya, namun masih banyak yang belum mengikuti diklat tersebut. Sedangkan pembelajaran sudahlah di mulai khususnya untuk tingkat X. Lalu bagaimana kita malaksanakan KBM dikelas?
Berikut terdapat contoh RPP yang semoga dapat menjadi referensi Bapak Ibu guru menyusun RPP sehingga KBM dapat berjalan sesuai yang kita semua harapkan.

RPP Bahasa Inggris KD 3.1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                         : SMK
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester         : X / 1
Program/Jurusan       : SPS
Materi Pokok              : Talking About Self
Alokasi Waktu            :

A.   Kompetensi Inti
1. Pengetahuan (KI 3)
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
2. Keterampilan (KI 4)
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.    Kompetensi Dasar
1. Pengetahuan (KD. 3.1.)
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)

2. Keterampilan (KD. 4.1.)
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Pengetahuan
3.1.1.Menentukan unsur kebahasaan yang digunakan untuk memberi dan meminta
         informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga.
 3.1.2.Menerapkan unsur kebahasaan yang digunakan untuk memberi dan meminta
          informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga.
2. Keterampilan
4.1.1. Membuat dialog yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
        terkait jati diri secara tertulis memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
        unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.1.2.Mendemonstrasikan dialog yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
       terkait jati diri secara lisan

D.   Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui diskusi kelompok, peserta didik mampu menentukan unsur kebahasaan yang digunakan untuk memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya.  
2.       Dengan berpasangan (“pair work”), peserta didik dapat menerapkan unsur kebahasaan yang digunakan untuk memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.    Melalui kerja berpasangan, peserta didik mampu Membuat dialog yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri secara tertulis dengan tepat.
4.   Melalui Role play,peserta didik mampu Mendemonstrasikan dialog yang melibatkan
  tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga.

E.    Materi Pembelajaran
    
Introducing







1.                  Self introducing.

            To introduce myself, we can use the ways as follow:
            a.         Greeting
                        We greet our friends by saying:
                        -           Good morning my friends....
                        -           Good morning all of my friends....
            b.         Using the expressions:
                        -           May I introduce myself?                                            
                        -           Can I introduce myself?                                             
                        -           I'd like to introduce my self?
                        -           Let me introduce myself?
                        -           I want to introduce myself?
            c.         Mention the name, by saying:
                        -           My name is....                                    
                        -           My name's....              
                        -           I'm....
            d.         Offering question, by saying:
                        Any question for me?
            e.         Asking and responding the questions
            f.          Closing
                        To end up the self introduction, we can say:
                        -           That is my introduction                                                         
                        -           I think that's all                                                                       
                        -           Thank for your attention
                        -           Thank you

2.         Introducing one to others
            To introduce someone to others, we can use the want as follow:
            a.         Greeting, by saying:
                        -           Good morning
                        -           Hi
                        -           Hello

             b.         Asking condition and activity, like:
-      Where are you?
-      What are doing here?
-      How is everything?
            c.         Introducing others, by using the following expression:
-    May I             
       -    Can I
       -    Let me
       -    I'd like to
       -    I want to
d.         Mention her/his name, by saying:
   -    She's....                                                                                                           
   -    He's....                                                                                                
   -    Her name's....
   -    His name's....
e.         Shaking hands each others, and say:
   -    How do you do?
            The response 'How do you do?' is How do you do?
            And than followed by saying:
  -      I'm....                                                                                                              
          My name is....
  -      Nice to meet you....                                                    
  -      Glad to see you
  -      Pleased to meet you
  -      Happy to meet you
Introducing yourself and others
There is a range of ways to introduce yourself and people.
Introducing yourself:
Here are expressions to introduce yourself:
·         My name is ...
·         I'm ....
·         Nice to meet you; I'm ...
·         Pleased to meet you; I'm ...
·         Let me introduce myself; I'm ...
·         I'd like to introduce myself; I'm ...
Introducing others:
Here are expressions to introduce others:
·         Jack, please meet Nicolas.
·         Jack, have you met Nicolas?
·         I'd like you to meet Liza.
·         I'd like to introduce you to Betty.
·         Leila, this is Barbara. Barbara this is Leila.
Useful responses when introducing yourself or other people:
·         Nice to meet you.
·         Pleased to meet you.
·         Happy to meet you.
·         How do you do?

  
Example of introduction
Dialogue:
Alex is talking to the new manager and his assistant. Notice how they introduce themselves:
Alex:
Hi! My name is Alex Litterman, the new manager.
William:
Hi! I'm William O'Brian. Nice to meet you, Mr Alex Litterman.
John:
William, please meet Mr Steve Lynch, my assistant
Jack:
How do you do?
Nicolas:
How do you do?
Things to remember:
·         When introducing yourself or other people in a formal situation use full names. ("I'm Alex Litterman.")
Text
Good morning, My Friends.
I am so happy to see you in this occasion. Well, my name is Elsye Sitinjak. I come from Metro. I was born in Medan, on October 22th, 1992. My family and I live at Jengkol street number 25, Kedaton, Bandar Lampung. My hobby is singing and shopping. I really love music. Even, I have a dream to be a famous and great singer. I I ever won first winner in singing contest when I was 15 years old. Teaching is the other thing that I love. Since I study at English Department, I began to teach kids around my house. Besides that, I also join an Eso at the university. Eso is kind of  English Club. I learn many things from Eso. They teach me how speak fluently. I think English became very important nowadays. That is why I am very interested in learning English. I have two sisters and one brother. They are Dede Sintinjak, Jeni Sitinjak and Robi Sitinjak. I really love them. They really support my career. We often spend time together in the weekend. I think that’s all about myself. Thank you so much for your nice attention.
Assalamualikum. Wr.Wb
F.    Pendekatan                 : Scientific Approach
Model                             : Discovery Learning
Metode                         : ceramah, diskusi, role play
  
G.   Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
A.      Pendahuluan
a.    Mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.    Mengecek kondisi peserta didik dan memberi motivasi belajar
c.     Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk mengulas materi sebelumnya dan juga tentang gambar situasi di mana orang harus memperkenalkan diri yang ditayangkan terkait dengan materi yang akan dipelajari;
d.    Menjelaskan kegiatan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.(Based on my questions previously, Now, please guess! what topic are we going to discuss today?)
e.    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

15 menit
B.      Kegiatan Inti
1.    Stimulasi  (Mengamati)
-       Guru menayangkan teks dialog tentang tindakan memberi dan meminta informasi ter kait jati diri dan hubungan keluarga.
-       Siswa mengamati dialog tentang tindakan memberi dan meminta informasi ter
kait jati diri dan hubungan keluarga.
2.    Identifikasi masalah (Menanya)
-       Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi social,   struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam contoh teks.
-       Siswa mengidentifikasperbedaan contoh yang ditampilkan   dari  unsur ketepatan penggunaan bahasa
-       Siswa mendiskusikan masalah-masalah yang muncul dalam    membuat teks memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga
-       Berdasarkan hasil diskusi siswa merumuskan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam teks memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga
3. Pengumpulan data  (Mengumpulkan informasi) 
-       Siswa berdiskusi mencari informasi untuk memecahkan masalah tentang teks memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga dari berbagai sumber
-       Guru meminta siswa  untuk mencoba mengungkapkan isi teks tersebut.
-       Siswa mencoba menyusun teks memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga.
-       Siswa menemukan sesuatu hasil belajar yang baik

4.    Pembuktian  (Menalar)
-       Peserta didik membandingkan jawaban pemecahan masalah sementara dengan teman sesama kelompok melalui dialogical encounter

5.  Generalisasi (Mengkomunikasikan)
-       Siswa membuat kesimpulan  hasil belajar  tentang teks memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga.
-       Siswa mempresentasikan hasil yang telah dibuat.



60 menit


     


C.      Penutup
a.       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
b.      You did a great job today, I’m very happy with your activity. Thank you very much for your participation.  By the way, how do you feel to be in my class? Please write your feeling, your problem and your success during my class in your journal.
c.       melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual mencari contoh-contoh teks penyerta gambar (caption)
d.      menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya adalah melanjutkan materi berikutnya.

15 menit

H.   Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan

1.    Penilaian pembelajaran

KD
Teknik Penilaian
Instrumen
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive

1.     Tes tertulis
2.     Penugasan
3.     Fortofolio
1.       Soal  tes tertulis ( terlampir)
2.       Lembar Kerja Siswa
3.       Lembar penilai tugas
4.1 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks


1.       Tes unjuk kerja
1.       Lembar soal unjuk kerja (terlampir)
2.       Lembar Observasi ( terlampir)

2. Penilaian Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remidial
KD
Teknik Penilaian
Instrumen
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive

1.       penugasan

1.         Soal  remidiasi tertulis ( terlampir)

4.1 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

1.       Penugasan
1.          Lembar soal unjuk kerja
2.       Lembar Observasi

3.         b.Pembelajaran Pengayaan
KD
Teknik pengayaan
Instrumen
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive

1.       Penugasan
1.      Soal   pengayaan tertulis ( terlampir)


4.1 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
1.       Penugasan
1.      Lembar soal unjuk kerja
2.       Lembar Observasi

I.      Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media
Ø  Internet
Ø  Teks dialog
2.    Alat atau bahan
Ø  Papan tulis
Ø  Laptop
Ø  LCD
Ø  Penghapus
3.                   Sumber Belajar
Ø  buku pegangan Kurikulum 2013,
Ø  Buku paket Bahasa Inggris

Mengetahui,                                                                                                     
Kepala  Sekolah                                                                                            Guru Bidang Studi
        



_______________                                                                                          __________________



RPP ini hanyalah contoh yang masih harus di sempurnakan. 
Semoga dapat membantu. Terimakasih

0 comments:

Post a Comment