RPP BAHASA INGGRIS KURIKULUM SMK
RPP Bahasa Inggris Kurikulum SMK KD 3.3. ENGLISH FOR SMK kali ini ingin berbagi contoh RPP bahasa inggris untuk kelas X KD 3.3 yang membahas tentang Niat Sesuatu (Intention). Contoh RPP ini diharapkan dapat membantu para Ibu/Bapak Guru dalam menyusun dan mengembangkan perangkat administrasinya sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Diharapkan contoh RPP ini dapat di sempurnakan sesuai dengan Kurikulum yang saat ini di terapkan pada sekolah Ibu/Bapak Guru.
RPP Bahasa Inggris KD.3.3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Program/Jurusan : SPS
Materi Pokok : Niat
Sesuatu
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi
Inti
1. Pengetahuan (KI 3)
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
2. Keterampilan (KI 4)
Mengolah, menalar, menyaji,dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar
1.
KD pada KI Pengetahuan
3.3 Menerapkan
fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
niat melakukan suatu tindakan / kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(perhatikan unsur kebahasaan be going to,
would like to)
2.
KD pada KI Keterampilan
4.3 Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan / kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Indikator KD pada KI pengetahuan
·
Mengemukakan ungkapan be going to, would like to
·
Menentukan ungkapan be going to, would like to
2.
Indikator KD pada KI keterampilan
·
Mengemukakan
ungkapan & makna be going to, would like to
·
Mendemonstrasikan dialog be going to, would like to
D. Tujuan
Pembelajaran
·
Peserta didik akan dapat membiasakan mengungkapkan be going to, would like to melalui
contoh ungkapan aktifitas yang akan dilakukan dengan benar
·
Peserta didik akan dapat mengemukakan ungkapan be going to, would like to dengan contoh
mengungkapkan niat yang santun
·
Diberikan contoh, peserta didik akan dapat
mengungkapkan bentuk ungkapan be going
to, would like to dengan santun
·
Diberikan situasi, peserta didik akan dapat
mengungkapkan bentuk ungkapan be going
to, would like to dengan santun
E.
Materi Pembelajaran
Teks lisan
dan tulis pernyataan dan pertanyaan tentang niat melakukan sesuatu
Fungsi sosial
·
Menyatakan niat / rencana,
Struktur teks
A. Be going to
·
Be going to digunakan apabila kita telah memutuskan untuk melakukan
sesuatu, kita berniat melakukannya
Example :
1. Adam won some money, he is going to buy a new car
2. This T-Shirt is too large, i’m not going to wear
it
3. I’m going to call my friend
·
Kita menggunakan be going to (present continous) ketika kita berbicara
bahwa kita sudah menyusun sesuatu untuk dilakukan, misalnya menyusun rencana
bertemu seseorang, menyusun rencana untuk pergi ke suatu tempat
Example :
1. I’m going to meet Dian this evening
2. I’m going to leave next week. I’ve got my plane
ticket
·
Be going to digunakan apabila kita sudah memutuskan untuk melakukan
sesuatu, namun mungkin belum menyusun rencana untuk melakukannya
Example :
1. I’m going to clean my shoes, they are so dirty.
2. I’m going to send a letter to Aluna
·
Kita juga dapat menggunakan be going to untuk menyatakan sesuatu yang
akan terjadi di masa yang akan datang
Example :
1. The economic situation is bad now and things are
going to get worse
2. The sky is dark, it’s going to rain
·
Penggunaan be going to untuk menyatakan apabila kita niat melakukan
sesuatu, namun kita tidak melakukannya. Pada bentuk ini, be yang digunakan
adalah past tense yaitu was / were
Example :
1. They were going to travel by train, but they
decided to go by bus instead.
2. I was just going to pay my bill when somebody
stole my wallet
·
Be going to juga dapat digunakan untuk menyatakan sesuatu akan terjadi
di masa lampau, namun tidak terjadi di masa depan. Bentuk ini menggunakan past
tense
Example :
1. I thought it was going to rain, but it didn’t
B. Would like to
Would like plus to V1 biasanya digunakan untuk membuat polite
offers and requests.
examples:
(1) Would you like to go to the movie with me tomorrow? (maukah
kamu pergi kebioskop denganku besok?)
(2) Would like to bisa menggantikan kata want
(ingin)
Contohnya ( I
would like to meet my teacher) or I would like to inroduce my self) dg degree
yg lebih sopan. Jadi intinya would like to dipakai untuk membuat statement atau
jawaban kita atau ajaakn/tawaran kita lebih terdengar sopan
perhatikan
contoh di bawah ini untuk memahami perbedaan antara Want dan Would like to
Penggunaan Want
|
Penggunaan would
like to (lebih sopan)
|
I want to meet
my friends with you today
|
I’d like (i
would like) to meet mmy friends with you today
|
I want a cup of
coffee and a slice of bread with scrambled egg for my breakfast
|
I’d like (I
would like) a cup of coffee and a slice of bread with scrambled egg for my
breakfast
|
They want to
meet you, Michael
|
They’d like
(they would like) to meet you, Michael
|
The children
want to see the fil tonight.
|
The children would
like to see the fil tonight.
|
F.
Pendekatan, Model dan Metode
Pendekatan
|
:
|
Scientific approach
|
Model Pembelajaran
|
:
|
Discovery learning
|
metode
|
:
|
Ceramah, diskusi
|
G. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
a.
Mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.
Mengecek kondisi peserta didik dan memberi
motivasi belajar
c.
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk
mengulas materi sebelumnya tentang memberikan ucapan selamat dan memuji
bersayap (extended) serta menanggapinya sesuai dengan konteks penggunaannya.
d.
Menjelaskan kegiatan pembelajaran dan
kompetensi dasar yang akan dicapai.(Based on my questions previously, Now,
please guess! what topic are we going to discuss today?)
e.
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan
uraian kegiatan sesuai silabus.
2.
Kegiatan inti (75 menit)
Stimulasi (Mengamati)
·
Guru meminta peserta didik untuk melihat
gambar yang ditampilkan dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur
teks,unsur kebahasaan maupun format penyampaian/penulisannya
·
Guru menugaskan peserta didik membaca buku
untuk mengidentifikasi ungkapan be going to, would like to
Identifikasi masalah (Menanya)
·
Guru menugaskan peserta didik untuk mengidentifikasi
masalah yang ada hubungannya dengan ungkapan be going to, would like to yang
ditampilkan dari unsur struktur teks kebahasaan
·
Peserta didik mengidentifikasi masalah –
masalah melalui contoh yang ditampilkan dari unsur ketepatan penggunaan bahasa
·
Peserta didik mengidentifikasi masalah –
masalah melalui contoh yang ditampilkan dari unsur ketepatan penggunaan
bahasa
·
Peserta didik mendiskusikan masalah-masalah
yang muncul dalam membuat teks penyerta gambar
·
Berdasarkan hasil diskusi pesertta didik merumuskan hal-hal apa saja yang
harus diperhatikan dalam teks penyerta gambar
Pengumpulan data
(Mengumpulkan informasi)
·
Peserta didik berdiskusi mencari informasi
untuk memecahkan masalah tentang ungkapan be going to, would like to dari
berbagai sumber
·
Guru meminta peserta didik untuk mencoba mengungkapkan isi dari gambar
secara tersirat.
·
Peserta
mencoba mengungkapkan isi dari gambar secara tersurat
·
Peserta didik mencoba menyusun ungkapan be
going to, would like to
·
Peserta didik menemukan sesuatu hasil
belajar yang baik
Pembuktian (Menalar)
·
Peserta didik membandingkan jawaban
pemecahan masalah sementara dengan teman sesama kelompok melalui dialogical
encounter.
Generalisasi
(Mengkomunikasikan)
·
peserta didik menyimpulkan hasil
belajar tentang ungkapan be going to,
would like to
·
Peserta didik Mempresentasikan hasil yang
telah dibuat.
|
3.
Penutup (10 menit)
·
memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
·
You did a great job today, I’m very happy
with your activity. Thank you very much for your participation. By the way, how do you feel to be in my
class? Please write your feeling, your problem and your success during my class
in your journal.
·
melakukan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pemberian tugas individual mencari contoh-contoh ungkapan be going to, would
like to
·
menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya adalah melanjutkan materi berikutnya.
H. Penilaian
Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1.
Peneilaian pembelajaran
KD
|
Teknik Penilaian
|
Instrumen
|
3.3 Menerapkan fungsi sosial struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan
/ kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(perhatikan unsur kebahasaan be going
to, would like to)
|
1. Tes tertulis
|
1. Soal tes tertulis ( terlampir)
|
4.3 Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan / kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
1. Tes unjuk kerja
|
1. Lembar soal unjuk kerja
(terlampir)
2. Lembar Observasi (
terlampir)
|
2. Penilaian Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
KD
|
Teknik Penilaian
|
Instrumen
|
3.3 Menerapkan fungsi sosial struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan
/ kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(perhatikan unsur kebahasaan be going
to, would like to)
|
1. penugasan
|
1.
Soal remidiasi tertulis (
terlampir)
|
4.3 Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan / kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
1. Penugasan
|
1.
Lembar soal unjuk kerja
2. Lembar Observasi
|
3. Pembelajaran
Pengayaan
KD
|
Teknik pengayaan
|
Instrumen
|
3.3 Menerapkan fungsi sosial struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan
/ kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(perhatikan unsur kebahasaan be going
to, would like to)
|
1.
|
|
4.3 Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan / kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
1.
|
|
I.
Media, Alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media
Ø Gambar
Ø Power Point
2. Alat atau bahan
Ø Papan tulis
Ø Laptop
Ø LCD
Ø Penghapus
3.
Sumber
Belajar
Ø Buku Pegangan Kurikulum 2013
Ø Buku Paket Bahasa Inggris
Mengetahui,
Temanggung,
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
RPP ini adalah contoh yang masih membutuhkan penyempurnaan!
Semoga bermanfaat...
0 comments:
Post a Comment