RPP BAHASA INGGRIS KURIKULUM SMK
RPP Bahasa Inggris Kurikulum SMK Terbaru – Sobat Guru, hari ini ENGILSH FOR SMK mencoba berbagi contoh RPP Bahasa Inggris Kurukulum SMK untuk Kompetensi Dasar 3.2. Berikut adalah draft RPP yang masih bisa di kembangkan lagi.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : X/1
Program/Jurusan : SPS
Materi
Pokok : Ucapan Selamat dan Memuji
Bersayap
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi
Inti
1. Pengetahuan (KI 3)
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untukmemecahkan masalah.
2. Keterampilan (KI 4)
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi
Dasar
1. KD
pada KI pengetahuan
3.2.
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberikan ucapan
selamat dan memuji bersayap (extended),
serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
2. KD
pada KI keterampilan
4.2 Menyusun teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), dan
menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasan
yang benar dan sesuai konteks.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Indikator
KD pada KI pengetahuan
·
Menentukan ungkapan pemberian ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta menanggapinya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
·
Menerapkan unsur kebahasaan yang digunakan untuk memberikan ucapan selamat dan
memuji bersayap (extended), serta
menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
2. Indikator
KD pada KI keterampilan
·
Membuat dialog yang melibatkan
tindakan memberi ucapan
selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasan yang benar dan sesuai konteks.
·
Mendemonstrasikan dialog yang melibatkan tindakan memberi ucapan selamat dan
memuji bersayap (extended), dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur, dan unsur kebahasan yang benar dan sesuai konteks secara lisan.
D. Tujuan
Pembelajaran
·
Dengan
disajikan contoh ungkapan tertulis pemberian
ucapan selamat dan memuji bersayap (extended),
serta responnya, peserta didik dapat menentukan ungkapan pemberian ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta responnya dengan benar
·
Dengan ditampilkan percakapan tertulis,
peserta didik dapat menerapkan unsur kebahasaan
yang digunakan untuk memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta menanggapinya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
·
Dengan diberikan situasi tertentu, peserta
didik dapat membuat dialog yang melibatkan
tindakan memberi ucapan
selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasan yang benar dan sesuai konteks.
·
Peserta didik dapat mendemonstrasikan dialog yang
melibatkan tindakan memberi ucapan selamat dan memuji bersayap
(extended), dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan
unsur kebahasan yang benar dan sesuai konteks secara roleplay dengan tepat.
E. Materi Pembelajaran
Giving
Compliments.
·
Excellent! You
really did it well.
·
That’s nice. I
really like it.
·
It was great.
·
Well done.
·
How nice!
·
Wow! Awesome!
·
Good job!
·
What a nice dress!
·
You look great
today.
Responses
·
Thank you.
·
It’s kind of you
to say that.
·
Thanks. I need
that.
·
You’ve made my
day.
Dialog
Person A : What a nice house you have.
Person B: Thank you. My Dad designed that.
Person A: Wow! Awesome!
Person B: Thanks. Yours is even nicer.
F.
Pendekatan, Model dan Metode
Pendekatan : Scientific Approach
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode : ceramah, diskusi
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
A.
Pendahuluan
|
a. Mengucapkan
salam dan berdoa bersama
b. Mengecek
kondisi peserta didik dan memberi motivasi belajar
c. Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan untuk mengulas materi sebelumnya dan juga tentang
situasi terkait dengan materi yang akan dipelajari;
d.
Menjelaskan kegiatan pembelajaran dan
kompetensi dasar yang akan dicapai.(Based on my questions previously, Now,
please guess! what topic are we going to discuss today?)
e.
Menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
5 menit
|
B.
Kegiatan Inti
|
Stimulasi (Mengamati)
·
Guru meminta peserta didik untuk menyimak contoh
ungkapan tertulis yang ditampilkan.
·
Guru menugaskan peserta didik membaca buku untuk meng
identifikasi berbagai jenis ucapan selamat
dan memuji bersayap (extended),
serta responnya.
Identifikasi masalah (Menanya)
·
Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam contoh teks.
·
Siswa
mengidentifikanperbedaan contoh yang ditampilkan dari unsur ketepatan
penggunaan bahasa
·
Siswa
mendiskusikan masalah-masalah yang muncul dalam membuat teks memberi
ucapan selamat dan memuji bersayap (extended),
serta responnya.
·
Berdasarkan
hasil diskusi siswa merumuskan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam
teks memberi ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta responnya
Pengumpulan
data (Mengumpulkan informasi)
·
Siswa
berdiskusi mencari informasi untuk memecahkan masalah tentang teks memberi ucapan selamat dan memuji bersayap
(extended), dan menanggapinya dari
berbagai sumber
·
Guru meminta siswa untuk mencoba mengungkapkan isi teks
tersebut.
·
Siswa mencoba menyusun teks memberi ucapan selamat
dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya
·
Siswa menemukan sesuatu hasil belajar yang baik
Pembuktian (Menalar)
·
Peserta didik membandingkan jawaban
pemecahan masalah sementara dengan teman sesama kelompok melalui dialogical
encounter.
Generalisasi
(Mengkomunikasikan)
·
Siswa mempresentasikan hasil yang telah
dibuat.
·
Siswa menyimpulkan hasil belajar tentang teks memberi ucapan selamat
dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya
|
75 menit
|
C.
Penutup
|
·
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·
You
did a great job today, I’m very happy with your activity. Thank you very much
for your participation. By the way,
how do you feel to be in my class? Please write your feeling, your problem
and your success during my class in your journal.
·
melakukan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual mencari
contoh-contoh teks penyerta gambar (caption)
·
menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya adalah melanjutkan
materi berikutnya.
|
10 menit
|
H.
Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1. Penilaian pembelajaran
KD
|
Teknik Penilaian
|
Instrumen
|
1. Tes tertulis
2. Penugasan
|
1. Soal tes tertulis ( terlampir)
2. Lembar Kerja Siswa
|
|
1. Tes unjuk kerja
|
1. Lembar soal unjuk kerja
(terlampir)
2. Lembar Observasi (
terlampir)
|
2. Penilaian Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
KD
|
Teknik Penilaian
|
Instrumen
|
1. penugasan
|
1.
Soal remidiasi tertulis (
terlampir)
|
|
1. Penugasan
|
1.
Lembar soal unjuk kerja
2. Lembar Observasi
|
3.
Pembelajaran Pengayaan
KD
|
Teknik pengayaan
|
Instrumen
|
1.
|
||
1.
|
I. Media, Alat, Bahan,
dan Sumber Belajar
1.
Media
Ø Internet
Ø Buku
2. Alat atau bahan
Ø Papan tulis
Ø Laptop
Ø LCD
Ø Penghapus
3. Sumber Belajar
Ø Bahasa Inggris kelas X semester 1SMA/MA/SMK/MAK.
Kemdikbud
Ø Lande, Shyla and Astuti, Eka Mulya. (2014). Forward
for Vocational School Grade X. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Bidang Studi
________________ _________________
RPP ini hanyalah contoh yang masih harus di sempurnakan.
Semoga dapat membantu. Terimakasih
0 comments:
Post a Comment