Thursday, September 22, 2016

ENGLISH FOR SMK "RPP BAHASA INGGRIS KURIKULUM SMK" KD 3.2

RPP BAHASA INGGRIS KURIKULUM SMK


RPP Bahasa Inggris Kurikulum SMK Terbaru – Sobat Guru,  hari ini ENGILSH FOR SMK mencoba berbagi contoh RPP Bahasa Inggris Kurukulum SMK untuk Kompetensi Dasar 3.2. Berikut adalah draft RPP yang masih bisa di kembangkan lagi. 








RPP Bahasa Inggris KD. 3.2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   : SMK
Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester       : X/1
Program/Jurusan   : SPS
Materi Pokok          : Ucapan Selamat dan Memuji Bersayap
Alokasi Waktu       :

A.   Kompetensi Inti

1. Pengetahuan (KI 3)
         Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untukmemecahkan masalah.
      2. Keterampilan (KI 4)
          Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.   Kompetensi Dasar

1.       KD pada KI pengetahuan

3.2. Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

2.       KD pada KI keterampilan

4.2 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan    memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasan yang benar dan sesuai konteks.
C.   Indikator Pencapaian Kompetensi

1.    Indikator KD pada KI pengetahuan
·         Menentukan ungkapan pemberian ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
·         Menerapkan unsur kebahasaan yang digunakan untuk memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya

2.    Indikator KD pada KI keterampilan
·         Membuat dialog yang melibatkan tindakan memberi ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasan yang benar dan sesuai konteks.
·         Mendemonstrasikan dialog yang melibatkan tindakan memberi ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasan yang benar dan sesuai konteks secara lisan.

D.   Tujuan Pembelajaran
·         Dengan disajikan contoh ungkapan tertulis pemberian ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta responnya, peserta didik  dapat menentukan ungkapan pemberian ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta responnya dengan benar
·         Dengan ditampilkan percakapan tertulis, peserta didik dapat menerapkan unsur kebahasaan yang digunakan untuk memberikan ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
·         Dengan diberikan situasi tertentu, peserta didik dapat membuat dialog yang melibatkan tindakan memberi ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasan yang benar dan sesuai konteks.
·         Peserta didik dapat mendemonstrasikan dialog yang melibatkan tindakan memberi ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasan yang benar dan sesuai konteks secara roleplay dengan tepat.

E.   Materi Pembelajaran

Giving Compliments.
·         Excellent! You really did it well.
·         That’s nice. I really like it.
·         It was great.
·         Well done.
·         How nice!
·         Wow! Awesome!
·         Good job!
·         What a nice dress!
·         You look great today.
Responses
·         Thank you.
·         It’s kind of you to say that.
·         Thanks. I need that.
·         You’ve made my day.
Dialog
Person A : What a nice house you have.
Person B: Thank you. My Dad designed that.
Person A: Wow! Awesome!
Person B: Thanks. Yours is even nicer.

F.   Pendekatan, Model dan Metode
Pendekatan : Scientific Approach
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode      : ceramah, diskusi
  
G.  Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
A.     Pendahuluan

a.       Mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.       Mengecek kondisi peserta didik dan memberi motivasi belajar
c.       Mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk mengulas materi sebelumnya dan juga tentang situasi terkait dengan materi yang akan dipelajari;
d.       Menjelaskan kegiatan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.(Based on my questions previously, Now, please guess! what topic are we going to discuss today?)
e.       Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

5 menit
B.      Kegiatan Inti
Stimulasi  (Mengamati)
·                  Guru meminta peserta didik untuk menyimak  contoh ungkapan tertulis yang ditampilkan.
·                  Guru menugaskan peserta didik membaca buku untuk meng identifikasi berbagai jenis ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta responnya.
Identifikasi masalah (Menanya)
·         Dengan bimbingan guru, siswa mengidentifikasi fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam contoh teks.
·         Siswa mengidentifikanperbedaan contoh yang ditampilkan dari unsur ketepatan penggunaan bahasa
·         Siswa mendiskusikan masalah-masalah yang muncul dalam membuat teks memberi ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta  responnya.
·         Berdasarkan hasil diskusi siswa merumuskan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam teks memberi ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), serta responnya
Pengumpulan data  (Mengumpulkan informasi) 
·    Siswa berdiskusi mencari informasi untuk memecahkan masalah tentang teks memberi ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya dari berbagai sumber
·         Guru meminta siswa  untuk mencoba mengungkapkan isi teks tersebut.
·         Siswa mencoba menyusun teks memberi ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya
·         Siswa menemukan sesuatu hasil belajar yang baik

Pembuktian  (Menalar)
·      Peserta didik membandingkan jawaban pemecahan masalah sementara dengan teman sesama kelompok melalui dialogical encounter.

Generalisasi (Mengkomunikasikan)
·         Siswa mempresentasikan hasil yang telah dibuat.
·         Siswa menyimpulkan hasil belajar  tentang teks memberi ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), dan menanggapinya

75 menit


     


C.      Penutup
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         You did a great job today, I’m very happy with your activity. Thank you very much for your participation.  By the way, how do you feel to be in my class? Please write your feeling, your problem and your success during my class in your journal.
·         melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual mencari contoh-contoh teks penyerta gambar (caption)
·         menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya adalah melanjutkan materi berikutnya.
10 menit

H.  Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan

         1. Penilaian pembelajaran
KD
Teknik Penilaian
Instrumen

1.     Tes tertulis
2.     Penugasan

1.       Soal  tes tertulis ( terlampir)
2.       Lembar Kerja Siswa


1.       Tes unjuk kerja
1.       Lembar soal unjuk kerja (terlampir)
2.       Lembar Observasi ( terlampir)



2. Penilaian Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

KD
Teknik Penilaian
Instrumen

1.       penugasan

1.         Soal  remidiasi tertulis ( terlampir)


1.       Penugasan
1.          Lembar soal unjuk kerja
2.       Lembar Observasi



3.    Pembelajaran Pengayaan

KD
Teknik pengayaan
Instrumen

1.        



1.        



I.     Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar

1.    Media
Ø  Internet
Ø  Buku

2.    Alat atau bahan
Ø  Papan tulis
Ø  Laptop
Ø  LCD
Ø  Penghapus
         3. Sumber Belajar
Ø  Bahasa Inggris kelas X semester 1SMA/MA/SMK/MAK. Kemdikbud
Ø  Lande, Shyla and Astuti, Eka Mulya. (2014). Forward for Vocational School Grade X. Jakarta. Penerbit Erlangga.



Mengetahui,                                                                           
Kepala Sekolah                                                                       Guru Bidang Studi
        




________________                                                                  _________________

RPP ini hanyalah contoh yang masih harus di sempurnakan. 
Semoga dapat membantu. Terimakasih

0 comments:

Post a Comment