RPP BAHASA INGGRIS KURIKULUM SMK
ENGLISH FOR SMK, kali ini ingin berbagi RPP Bahasa Inggris Kurikulum SMK KD 3.4 sebagai bahan refferensi Bapak Ibu guru bahasa inggris SMK. Contoh RPP ini membahas tentang teks deskriptif tentang sesorang, tempat wisata dan bangunan bersejarah. Diharapkan RPP Bahasa Inggris ini dapat membantu dan bermanfaat.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Program/Jurusan : SPS
Materi Pokok : Teks
Deskriptif
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi Inti (KI)
3.
Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar
3.4 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif sederhana tentang orang, tempat wisata, dan
bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4.1
Menangkap makna dalam teks deskriptif, lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan
bersejarah terkenal.
4.4.2
Menyusun teks lisan dan tulis, sederhana, tentang
orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
3.4.1
Menganalisis struktur teks deskriptif.
3.4.2
Menganalisis unsur kebahasaan dari teks
deskriptif.
4.4.1.1 Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks baik yang tersurat maupun tersirat.
4.4.1.2 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan
memperhatikan fungsi sosisal, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Menganalisis struktur teks deskriptif.
2.
Menganalisis unsur kebahasaan dari teks
deskriptif.
3.
Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks baik yang
tersurat maupun tersirat.
4.
Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosisal,
struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
E. Materi Pembelajaran
Teks
lisan dan tulis teks deskriptif tentang tempat
v Understanding
the main ideas and the most important details from descriptive text about place.
· Text 1
TANJUNG PUTING NATIONAL PARK
One of the internationally famous
ecotourism destinations in Indonesia is Tanjung Puting National Park in the
southwest of Central Kalimantan peninsula. Tanjung Puting National Park offers
impressive experience to its visitors. This is called a park, but unlike any
park that you have seen in your city, this is a jungle! It is a real jungle,
which is home to the most incredible animals in the world: Orang utans and
proboscis monkeys! The male proboscis monkeys are interesting because they have
enormous snout. So, imagine yourself to be in the jungle and meet these special
animals in their original habitat. What will you do when you meet them?
To reach the place, we should take a
boat down Sekonyer river. The boat is popularly called perahu klotok which is a
boathouse that can accommodate four people. The trip by the boat to Camp Leaky
takes three days and two nights.
The traveling in the boat offers
another unforgattable experience. You sleep, cook, and eat in that klotok,
night and day during your journey into the jungle. In daylight, on your way to
Camp Leaky, you can see trees filled with proboscis monkeys. At night, you can
enjoy the clear sky and the amazingly bright stars as the only lights for the
night.
v Text Type
· Descriptive Text
Descriptive
text is a text which tells what a person or
a thing is like.
v The Purpose of Descriptive Text
Its
purpose is to describe and reveal a particular person, place, or thing.
v Understanding
the text structure of the text
· Identification =
Paragraph 1
Identification; identifying the
phenomenon to be described.
· Description =
Paragraph 2-4
Description; describing the
phenomenon in parts, qualities, or/and characteristics.
E.
Pendekatan
Pendekatan : Scientific
Approach
Model Pembelajaran :
Discovery Learning
Metode : ceramah, diskusi
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
(2JP)
a.
Kegiatan
Pendahuluan
-
Guru menyiapkan
peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
-
Guru memberi
motivasi belajar.
-
Guru mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari.
-
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b.
Kegiatan
Inti
Mengamati
- Guru
meminta siswa untuk membaca teks.
Menanya
- Siswa
menanyakan tentang isi dari teks tersebut.
Mengeksplorasi
- Guru
meminta siswa untuk berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 4 sampai 5 orang.
- Siswa
dalam setiap kelompok diminta untuk mengidentifikasi ide utama dan ide
pendukung dalam setiap paragraf dari
teks tersebut.
- Siswa
dalam setiap kelompok diminta untuk menganalisis struktur teks dari teks
tersebut.
- Siswa
dalam setiap kelompok diminta untuk menjawab pertanyaan dari teks tersebut.
Mengasosiasi
- Siswa
dalam setiap kelompok mengidentifikasi ide utama dan ide pendukung dalam setiap
paragraf dari teks tersebut.
- Siswa
dalam setiap kelompok menganalisis struktur teks dari teks tersebut.
- Siswa
dalam setiap kelompok menjawab
pertanyaan dari teks tersebut.
Mengkomunikasikan
- Setiap
kelompok menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas.
c.
Kegiatan Penutup
-
Dengan
bantuan guru, siswa diminta untuk
menyimpulkan hasil dari keseluruhan kegiatan pembelajaran (pendahuluan dan
inti).
-
Guru
memberikan ulasan balik atas kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
-
Guru
memberikan penugasan kepada peserta didik untuk dilakukan penilaian.
-
Guru menyampaikan
kepada peserta didik materi pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
-
Guru
menutup pertemuan dengan meminta salah satu peserta didik memimpin teman
sekelas berdoa mensyukuri kesempatan telah mempelajari materi pada pertemuan
hari ini.
F.
Penilaian Pembelajaran, Remedial
dan Pengayaan
1. Teknik
Penilaian
2. Instrument
Penilaian
LAWANG
SEWU
Lawang Sewu is a very important
place in Semarang and for many years. Tourists have been returning to Semarang
only to have a glimpse of this amazing place here.
Lawang Sewu is immensely popular for
the famous Thousand Doors which is the ticket to fame for the place. The place
is distinguished simply for the numerous doors and windows found here and the
building was christened as Gedung Lawang Sewu and tourists love coming here
simply because of the distinctive Dutch Symbolism and the immensely long
corridors leading to the offices on the other side. The thousand doors and
windows and the fascinating stained glass windows representing the Dutch
Symbolism of the places like The Hague and Rotterdam and also the Royal family.
The building has numerous long
winding corridors which open out to the offices on one side of the office and
the other end of the building on the other hand. It is a famous landmark in the
region of Semarang and a pride for Java. The place was actually built as the
main colonial office for the Dutch and was then taken over by the Japanese
government. This place was important because it was the main military hub for
the Indonesians and was used for giving shelter to the soldiers and army men
here. The place was often considered to be haunted place as many truly and
sincerely believed that the place was inhabited by spirits and ghosts and thus
many people used to feel scared to visit the place fearing the obvious. However
later the place was converted in to a heritage site and many came to visit the
place during their holidays while coming to visit the Semarang. There are other
places also which deserve mention but Lawang Sewu stands out among the rest.
http://ayoraihprestasi.blogspot.com/2012/11/contoh-descriptive-text-lawang-sewu.html
Answer the following questions briefly
1.
The generic structure of the text above
is….
2.
Write the identification of the text
above…..
3.
However later the place was converted in
to a heritage site and many came to visit the place during their holidays
while coming to visit the Semarang. (paragraph 3)
The
synonym of the underlined word is ..........
4.
What was the place actually built as?
5.
What can
we conclude from the text above?
Kunci
Jawaban
1. The generic structure of the text is Identification and
Description
2. The identification of the text is
Lawang Sewu is a very important place in Semarang and for
many years. Tourists have been returning to Semarang only to have a glimpse of
this amazing place here.
3. vacation
4. The place was actually built as the main colonial office for
the Dutch and was then taken over by the Japanese government.
5. The
conclusion is Lawang Sewu is immensely popular for
the famous Thousand Doors which is the ticket to fame for the place
Rubrik
Penilaian
Jawaban benar sempurna mendapatkan skor 4
Jawaban benar tidak sempurna mendapatkan skor
3
Jawaban mendekati benar mendapatkan skor 2
Jawaban salah mendapatkan skor 1
Nilai = Jumlah skor : Jumlah soal
1.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Cerate
a descriptive text based on the picture. At least two paragraph.
KUTA BALI
|
Rubrik Penilaian
Kriteria
|
Skor 4
|
Ide Penulisan
|
Ide yang dipilih orisinil, Ide sangat sesuai dengan
genre yang dipilih, ide dikembangkan dengan tepat dan terarah
|
Organisasi/
Struktur Teks dan Isi
|
Teks sesuai dengan genre yang dipilih, ketentuan dan
ciri-ciri genre yang dipilih diikuti dengan sempurna, ide penulisan dan
informasi yang disajikan sangat relevan, isi teks sangat mudah dipahami
|
Tata Bahasa
|
Tidak ada kesalahan tata bahasa yang signifikan, makna
dan isi teks dapat dipahami dengan jelas
|
Perbendaharaan Kata
|
Kalimat-kalimat yang digunakan sangat efektif,
menggunakan variasi lexical dengan benar, menguasai bentuk kata dan idiom
dengan benar dan efektif, istilah-istilah digunakan dengan benar
|
Nilai = Jumlah skor yang
diperoleh : Skor maksimal/ideal x 100
G.
Media/alat, dan Sumber Belajar
1.
Media/alat:
a. Laptop
b. LCD
c. Whiteboard
d. ATK
2.
Sumber Belajar :
a. Buku
Bahasa Inggris SMA/MA/ SMK/MAK Kelas X Kurikulum 2013
b. Buku
Pendukung Lainnya
c. Kamus
d. Gambar
e. Internet
f. Powerpoint
g. Tayangan
Video
Mengetahui, Temanggung, 18 Juli 2016
Kepala
Sekolah Guru
Bidang Studi
Semoga Bermanfaat...
Kunjungi jg posting lainya disini
0 comments:
Post a Comment